Dinas pertanian holtikultura Batola Anjurkan Petani tanam 2 kali dengan program AUTP


                                                                                                                                                                         mediapublik.com Batola

Sebagai daerah Pertanian Barito Kuala (Batola) terus melakukan binaan dorongan bagi keberhasilan dibidang Pertanian.

Program  prioritas dalam peningkatan produktivitas ditahun ini  ada gerakan indek pertanaman dua kali atau pun lebih itu bisa dilakukan dengan padi lokal yang berumur  pendek  atau keduanya kita  sudah ada farites  padi lokal umur pendek . 

Ini dikatakan Kepala Dinas Pertanian Hj.Murniati pada mediapublik.com saat berada diruang kerjanya di Marabahan.

Menyinggung kegagalan panen waktu lalu tidak hanya oleh  penyakit tungro saja tetapi lebih banyak  adalah dampak fisiolohis atau tanaman keracunan akibat masamnya lahan karena ibarat lahan itu kebanjiran dan juga dikarenakan pengelolaan tata air kita belum optimal orang kan melihat' nya gejala fisiolohis dan tungro itu hampir sama

Kemudian tanaman padi yang  tidak bisa tanam dan tidak bisa panen serta ada nya dampak dari pada yang menyebabkan hama penyakit. Untuk daerah terdampak di tahun  lalu tahun ini akan di ganti dengan farites  baru lebih tahan terhadap hama penyakit dan ini sudah mulai tanam  kemudian gerakkan penyuluhan dimana kita juga meningkatkan kapasitas dari pada petaninya dan kapasitas  penyuluhan itu sendiri 

Agar keberhasilan petani dalam panen tahun ini hendaknya para petani dapat  melaksanakan pemupukan berimbang dengan menekankan kepada pemakaian pupuk organik , memang diakui Ibu Kepala Dinas  ini  pupuk kimia ini harga nya tergolong mahal, ketersediaannya pun terkadang terbatas jumlahnya.

Mudah mudahan di tahun 2023 ini tidak ada dampak perubahan iklim atau cuaca yang kita tahu di tahun-tahun lalu terjadi dampak perubahan iklim yang sangat berdampak terhadap tanaman pangan dan holtikultura banyak yang mati.  

Memproteksi Petani program bantuan asuransi tanaman usaha padi diupayakan bisa meringankan risiko yang dihadapi dari kegagalan Bertani, tahun ini sebanyak 3 ribu hektar telah diasuransikan, meski tidak semuanya mengingat keuangan daerah terbatas.

Untuk itu Pemkab. Batola  berikan prioritas yang  tanam 2 kali untuk diikutkan dalam program  AUTP ( asuransi usaha tani padi)  dengan syarat syarat tertentu ini untuk mengganti agar petani punya modal lagi untuk tanam Kembali jelas Hj.Murniati. (Mahdi)

0 Komentar