SMAN 1 Pelaihari Menerima Anugerah Penghargaan Adiwiyata Nasional Tahun 2022


Mediapublik.com Tanah laut

Eksistensi penghijauan lingkungan sekolah disemuai tingkatan secara berjenjang terus diupayakan dan digelorakan, terhadap warga sekolah. Sehingga pihak sekolah sudah menjadi keharusan didalam menciptakan lingkungan sekolah lebih asri dan hijau.

Terkait hal tersebut, pemerintah dalam hal ini Kementerian LH telah memberikan penganugerahan atau penghargaan kesejumlah sekolah secara nasional tentang penghijauan lingkungan sekolah adiwiyata nasional di antaranya SMAN 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan.

Kepala SMAN 1 Pelaihari Ihsanul Imani Spd kepada wartawan mediapublik.com diruang kerjanya mengatakan, dari sejumlah sekolah di Indonesia termasuk SMAN 1 Pelaihari penerima penghargaan Adiwiyata Nasional, selasa 7-3-23.

Didalam menunjang kegiatan untuk meraih adiwiyata menurut Ihsanul diantaranya adalah terkait hemat energi dan listrik.Selain itu gerakan kebersihan dan gerakan pemanfaatan sampah dijadikan kompos dan pemanfaatan sampah menjadi barang berguna dan penghijauan lingkungan sekolah. Hal demikian dalam inplementasinya melibatkan seluruh siswa termasuk para guru  atau warga sekolah dan masyarakat sekitar.

Sehingga bagi warga sekolah apakah dilingkungan sekolah maupun dikingkungan tempat tinggal siswa, harus memiliki sikap disiplin terhadap kebersihan dan hal ini yang ditanamkan.

Ihsanul menambahkan, penghargaan adiwiyata nasional tidak semua sekolah bisa mendapatkannya. Sebab untuk adiwiyata nasional persyaratannya cukup ketat dan dilaksanakan secara berjenjang. Mulai dari adiwiyata tingkat kabupaten, propinsi dan terakhir tingkat Nasional, ujarnya. (hafrud/rahmat).

0 Komentar