SMK YPT Banjarmasin Memiliki 7 Kompetensi Keahlian Ke Unggulan Diantaranya Multi Media

 


Banjarmasin mediapublik.com

SMK Yayasan pelita edu teknik YPT Banjarmasin memiliki 7 kompetensi keahlian atau keunggulan. Disamping itu, memiliki program pengembangan karakter terhadap peserta didik.

Kepala SMK YPT Banjarmasin Dra.Fatimah Adam kepada wartawan mediapuik.com online ditemui diruang kerjanya mengatakan, untuk multi media menjadi salah satu kompetensi keahlian atau unggulan sehingga peminatnya cukup tinggi, rabu (1-3-23).

Sebab menurut Fatimah Adam melalui program pengembangan multi media, mereka berhasil dan mampu mengelola jaringan internet, hp dan jaringan komputer. Bahkan mereka para peserta didik saat ini bisa menghasilkan cuan-cuan.

Semantara untuk kompetensi keahlian lainnya juga memiliki keunggulan yang hampir sama dan merata. Diantaranya pompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan. Kemudian teknik kendaraan ringan otomotif, teknik permesinan, teknik bisnis sepeda motor, teknik instalasi tenaga listrik dan pembangkit tenaga listrik.

Bagi peserta didik yang melakukan magang di beberapa tempat termasuk dealer sepeda motor dan industri yang bergerak dibidang permesinan, sebagai persyaratan mengikuti ujian sekolah. Oleh karenanya pihak ketiga sebagai tempat magang anak didik yang dinilai memiliki prestasi, akan direkrut menjadi tenaga kerja atau karyawan.

Sehingga mereka yang magang tersebut,  memiliki prestasi, maka perusahaan datang ke sekolah untuk mendata. Kemudian mereka yang dianggap mampu serta memiliki prestasi dilakukan kerjasama dalam perekrutan tenaga kerja atau menjadi karyawan.

Fatimah Adam menambahkan lulusan SMK adalah lulusan siap pakai dan diperuntukkan terjun ke dunia pasar kerja.  

Kedepannya menurut Fatimah Adam yang juga merupakan pernah aktif disejumlah OKP dan mantan Ketua Pemuda Panca Marga PPM Kalimantan Selatan ini, pihaknya akan membuka bengkel sepeda motor memanfaatkan tempat yang masih kosong didepan sekolah. Sebab melihat dari anak didik suka dan senang memperbaiki sepeda motor. Sehingga mereka dapat menyalurkan bakat mereka.

Semantara untuk teknik instalasi tenaga listrik pihaknya akan mencoba melakukan perawatan dan perbaikan pada instalasi terhadap rumah penduduk masyarakat sekitar. Kini pihaknya masih melakukan kajian dan penjejakan, untuk tersebut.

Fatimah Adam sejatinya untuk memajukan SMK YPT banyak konsep2 yang perlu dilakukan. Namun pihaknya masih mempelajarinya dan mendalami didalam memajukan sekolah.

SMK YPT saat ini memiliki fasilitas 14 rombel dan 7 bengkel praktek atau semua jurusan ditambah ruang perpustakaan dan ruang dewan guru. Hal demikian dianggap memadai bahkan lebih dalam proses pembelajaran.

SMK YPT Banjarmasin sekarang ini tidak saja mengutamakan bidang akademis, juga mengembangkan karakter. Diantaranya latihan dasar kepemimpinan, tahfidz al qur'an, sholat sunnah dhuha, bakti sosial, dan bimbingan karir termasuk wirausaha.

SMK YPT yang berlokasi jalan Rawa Sari ujung Banjarmasin ini, minggu ini juga berkesempatan mendapat pelatihan dari perusahaan Samurai Jakarta. Khusus untuk teknik sepeda motor terutama perawatan dan pengecetan helm. Sedangkan bahan cetnya dibantu dari perusahaan.

Mereka akan memberikan pelatihan tersebut, selama 4 hari dan pelatihnya yang didatangkan 4 orang. Pihak sekolah Fatimah Adam menambahkan, tidak dibebani hanya sebagai tempat memberikan edukasi tentang mengecet helm saja, pungkasnya.

Semantara para peserta pelatihan diutamakan teknik kendaraan ringan otomotif, namun peminat tidak dibatasi dari jurusan lainnya dibolehkan, ujarnya. (hafrud).

Posting Komentar

0 Komentar