Puluhan Pelajar Ikuti Kegiatan Tanam Pohon Serentak Bersama Kodim 1010 Tapin dan PT.BRE

RANTAU : Mediapublik.com

Melaksanakan program Bhakti Karya TNI, Kodim 1010 Tapin bersama PT.BRE, Pelajar dan Pemerintah Kecamatan Piani melaksanakan penanaman pohon serentak di Indonesia yang di dilaksanakan di Desa Beramban, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Jumat sore, (08/12).

Seperti yang diutarakan Dandim 1010 Tapin, Letkol Arh Pryoni Palebangan, kegiatan penanaman pohon serentak merupakan rangkaian kegiatan bakti karya TNI, dimana sebelumnya kita telah melaksanakan normalisasi sungai dan pembersihan aliran sungai dan drainase - drainase di Kota Rantau.

Karena seperti yang kita ketahui bersama saat ini kita sudah memasuki musim penghujan. Kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka untuk mencegah banjir di kabupaten Tapin.

Dandim menambahkan, normalisasi sungai beberapa bulan yang lalu yang kemudian ditindaklanjuti dengan membersihkan drainase - drainase di kawasan perkotaan serta drainase pasar untuk memperlancar arus air yang telah dilaksanakan secara serentak bersamaan dengan kegiatan penanaman pohon 

"Kita pilih lokasi di bantaran Sungai Pikuk ini agar mencegah erosi dam sebagai resapan air, dan kedepan manfaat dari penanaman pohon ini diharapkan akan dirasakan masyarakat," ujarnya. 

Kita melibatkan pelajar dan masyarakat pada penanaman pohon ini agar mereka tau akan pentingnya menjaga lingkungan tempat tinggal termasuk lingkungan disekitar kita," tambahnya.

Seperti yang kita ketahui Sungai Pikuk desa Beramban merupakan wilayah yang dilewati jika menuju Kecamatan Piani dan daerah ini kerap terendah banjir akibat hujan deras. Karena itu pohon yang kita tanam ada bermacam-macam , ada trembesi, mahoni, jambu mete dan beberapa jenis tanaman lainnya yang diharapkan mampu mereduksi air.

Setelah ditanam, bersama dengan masyarakat,  kita dapat merawat dan menjaganya dan berharap tanaman yang kita tanam dapat  memberikan manfaat bagi masyarakat kedepannya.

Tofan yang mewakili CSR PT Bhumi Rantau Energi (BRE) anak perusahaan dari Harnur Group dan Padang Karunia Group sangat mendukung  aksi penanaman serentak diseluruh Indonesia bekerjasama dengan Kodim 1010 Tapin yang melibatkan masyarakat dan pelajar SMAN 1 Piani.

Adapun pohon yang kita tanam adalah pohon keras, seperti trembesi, mahoni, jambu mete dan kemiri dengan jumlah sekitar 150 pohon yang kita tanam secara bersama - sama masyarakat di bantaran sungai Pikuk desa Beramban, Kecamatan Piani," tandasnya.

Topan menambahkan, kegiatan penanaman pohon ini masih belum termasuk dari 27 hektare penghijauan yang kami lakukan bekerjasama dengan Pemkab Tapin," ujarnya.

Senada, Camat Piani Arie Wijaya juga memberikan mengapresiasi atas kegiatan penanaman pohon di bantaran sungai Pikuk desa Beramban..

Kita berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan salah satunya untuk mencegah banjir dengan penanaman pohon di daerah - daerah kritis. "Semoga dengan penanaman pohon ini dapat menjadikan kawasan di bantaran sungai Pikuk menjadi lebih rindang dan asri," pungkasnya

Acara penanaman pohon dihadiri Dandim 1010 Tapin, Letkol Arh Pryoni Palebangan mengatakan, Camat Piani Arie Wijaya, Tim CSR PT.Bhumi Rantau Energi serta puluhan pelajar SMAN 1 Piani dan tokoh masyarakat serta masyarakat desa Pikuk setempat...(Arsyad)

Posting Komentar

0 Komentar