H.Suwartono Susanto Sp.MS. Kepala Disbunak Batola Laksanakan Monitoring Menjelang Hari Raya idul Adha

Mediapublik.com Marabahan 

Menjelang tiba nya Hari raya idul Adha di Tahun 2024 dan pelaksanaan ibadah qurban 

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) bersama UPT Puskeswan di Kabupaten Barito Kuala Melaksanakan Monitoring Pemeriksaan Kesehatan Hewan Qurban di Wilayah Kabupaten Batola sebagai upaya untuk menjamin hewan tersebut telah memenuhi syarat untuk disembelih dan salah satu langkah antisipasi sebaran Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kegiatan monitoring ini dilaksanakan untuk memberi pelayanan kepada pelaku usaha jual beli ternak dan pe-Qurban ternak, agar ternak yang digunakan layak, sehat, dan sesuai ketentuan syariat Islam.” 

Kepala dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Barito Kuala H.Suwartono Susanto SP.MS. Saat di kompirmasi Mediapublik.com Mengatakan Kegiatan ini 

dilaksanakan sebelum pelaksanaan kurban dan setelah pemotongan hewan kurban. Tahap pertama yaitu sebelum dipotong dilakukan pemeriksaan antemortem di para pedagang hewan qurban atau di kandang yang menjual hewan Qurban. untuk saat ini, hasil dari ternak yang sudah diperiksa  tidak ditemukan suatu penyakit atau kecacatan. Hewan yang dinyatakan sehat dari Dinas Perkebunan dan Peternakan kabupaten Batola.

Tahap kedua, Disbunak Melakukan pemeriksaan Postmortem atau pemeriksaan setelah disembelih yang akan dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) atau tempat pemotongan hewan yang tersebar diWilayah Kabupaten Batola seperti masjid-masjid, atau tempat lain nya.Tujuan Pemeriksaan ini agar daging Qurban yang di distribusikan kemasyarakat Aman, Sehat,

Upaya upaya yang sudah Dilakukan oleh dinas perkebunan dan peternakan batola 

1.Monitoring ketersediaan jumlah Sapi potong 

2.melaksanakan penandaan/ identifikasi untuk sapi sapi yg baru datang dari luar daerah namun belum memiliki ear tag identik PKH.

3.melaksanakan kordinasi dengan pelaku usaha/ distributor maupun paguyuban peternakan sapi menggemukan Untuk menjamin persaingan usaha yang wajar.

Di tambahkan lagi oleh kepala dinas Perkebunan dan peternakan kabupaten Batola H.suwartono Susanto SP.MS. terkait dengan kesehatan hewan.pihak nya rutin melakukan pemeriksaan hewan untuk persiapan kurban dan membuat surat edaran terkait tempat pemotongan hewan.dapat di pastikan Daging memenuhi kriteria ASUH (aman,sehat.utuh.& halal).. (Tim)


Editor ; Mahdi

0 Komentar