Kecamatan Binuang Gelar Lomba Pawai Karnaval Pelajar Dan Bazaar Kuliner

Mediapublik .com : Rantau 

Melihat banyak warung - warung dan kuliner yang ikut berpartisipasi di dalamnya, Karnaval budaya ini hendaknya menjadi agenda tahunan yang harus dilestarikan dan melihat kegiatan ini sangat meriah dimana potensi - potensi yang ada di kecamatan Binuang bisa di tampilkan dalam karnaval ini, mudah - mudahan kegiatan ini terus berkembang dengan baik, sehingga semakin banyak orang yang datang ke Binuang untuk menikmati alamnya, budayanya dan kulinernya dan bisa bergembira menikmati hari kemerdekaan ini.

Demikian apa yang disampaikan PJ Bupati Tapin M Syarifuddin MPd saat melepas pawai karnaval pelajar se kecamatan Binuang dan sekaligus membuka Bazaar Kuliner, bertempat di halaman Stadion Sirkuit Balipat Binuang, Minggu (18/08).

Seperti yang diutarakan M Syarifuddin, dengan melihat dengan pesatnya perkembangan UMKM saat ini, tentu kita dari pemerintah daerah melalui instansi terkait harus memberikan pendampingan dalam hal standar kesehatan, higienis dan kemasan produk yang harus kita perhatikan.

"Baik standar kesehatan harus terlebih sehingga secara aturan produk yang dihasilkan benar - benar bisa di pasarkan dengan lebih menarik lagi," ujarnya.

Ditambahkan M Syarifuddin, dengan karnaval, kegiatan ini secara tidak langsung menjadi media promosi untuk memperkenalkan budaya dan kearifan lokal masyarakat Binuang di Kalimantan Selatan maupun di tingkat nasional.

Terlebih Kecamatan Binuang banyak memiliki objek - objek wisata yang bisa kita munculkan, untuk kita tampilkan dan kita kenalkan, baik dari segi budaya, kulinernya dan keindahan alamnya dapat kita perkenalkan kepada masyarakat luas.

Sementara itu Kepala DPMPTSP Hj Fauziah mengatakan, dalam rangka meningkatkan UMKM - UMKM yang ada di kabupaten Tapin, kita sudah memfasilitasi kemitraan antara pelaku UMKM dengan perusahaan - perusahaan.

"Saat ini kerjasama yang sedang berproses dengan PT.BMB Blok 2 untuk membangun dalam kemasan agar lebih bagus dan membantu dalam perizinan PIRT sampai dengan izin halal akan kita bantu bekerjasama dengan dinas perindustrian dan perdagangan akan terus memantau kegiatan UMKM kita," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Dinas Pendidikan Hj Irnawati SPd MM turut menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan karnaval pelajar yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme bagi kalangan pelajar sehingga dapat meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air yang sangat besar.

Hal itu dituangkan para pelajar dalam seni dan budaya yang ditampilkan dalam karnaval yang menunjukkan rasa cinta terhadap tanah air yang sangat besar. Kita harapkan kegiatan ini bisa ditingkatkan lagi dengan lebih meriah lagi setiap tahunnya.

"Karena kegiatan ini terkait dengan pengembangan P5 dalam profil Pancasila dan dengan adanya sekolah merdeka, kita sangat mendukung kegiatan ini dan kita selalu siap mendukung dan mengapresiasi,"tandasnya

Ditambahkan Camat Binuang, H Hendriyanor Effendi SKep Ners MM, dalam menyambut HUT kemerdekaan RI, seluruh pelajar di kecamatan Binuang dari jenjang SD, SMP dan SMA sederajat dengan antusias mengikuti kegiatan Karnaval.

"Harapan kita tahun depan kegiatan ini bisa terlaksana dengan lebih meriah dan beragam lagi yang bisa di tampilkan," ujarnya.

"Kepada perusahaan PT.HBM, PT.BGM, HRVRT, MRV dan perusahaan terkait lainnya, kita ucapkan terimakasih atas support dan dukungannya," tandasnya.

Acara di Hadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Eko Haryono, Kepala Dinas Pendidikan Hj Irnawati, Kepala DPMPTSP Hj Fauziah, HM Prayuda, H Adi Farma, Camat Binuang  H Hendriyanor Effendi SKep Ners MM , Kepala Puskesmas, Kapolsek, Danramil Kapt Int Zainal Arifin serta instansi terkait lainnya...(MP)

0 Komentar