KPU Batola laksanakan rapat pleno DPT

 

Mediapuik.com : Batola 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab.Batola mengelar, rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan dan penetapan daftar pemilih tetap pada pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur serta pemiliham Bupati dan wakil Bupati tingkat Kabupaten Barito Kuala (Batola) rahun 2024. menjelang pemilihan tahun 2024.di Aula Selidah perkantoran milik Pemkab.Batola, Rabu, (18/09/2024)

Dalam sambutan disampaikan oleh ketua KPU, Rusdiansyah.ST, yang mengingatkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu. 

Juga dalam suasana yang formal namun akrab, Nuryanto dari Komisioner Divisi Perencanaan data dan Informasi memberikan pernyataan terkait pemilih tetap, dan menjabarkan langkah-langkah yang telah diambil untuk memastikan keakuratan data pemilih.

Selanjutnya, laporan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di masing-masing TPS dibacakan dengan seksama. 

Di antara angka-angka yang dilaporkan, terungkap bahwa Tabunganen memiliki 14.969 pemilih, sedangkan Alalak mencatatkan jumlah tertinggi dengan 45.097 pemilih terdaftar. 

Dengan rincian laporan DPT TPS Reguler Tingkat Kab/Kota 

Rincian jumlah pemilih laki-laki 118.419

dan 116.634 perempuan turut diinformasikan dengan jumlah total = 235.051 pemilih tetap, menciptakan gambaran yang jelas tentang persaingan demi suara di wilayah tersebut.

Dukcapil Kab.Batola Wahyuni memberikan tambahan informasi tentang total pemilih yang mencapai yang 235.051, dengan total 568 TPS se Kab.Batola.

Ia, mengatakan kerjasama antara KPU dan Dukcapil nampak erat, demi tercapainya pemilu yang transparan dan adil. 

 Ketua KPU Batola, Rusdiansyah menyampaikan terkait rapat pleno hari ini adalah sebuah tahapan yang wajib di laksanakan.

"Alhamdulillah hari ini tanggal18 September 2024 sudah melaksanakan rapat pleno, kemarin juga kita sudah melakukan singkronisasi kepada kawan kawan Bawaslu." Terangnya.

"Dan kemudian setelah rapat hari ini, kita akan bawa hasil hari ini ke rapat pleno Provinsi pada tanggal 22 September 2024 nanti, pada penetapan se -Kalimantan Selatan." Tambah Rusdi lagi.

Terakhir, Rusdi berharap masyarakat Kab.Batola yang sudah terdaftar di DPT semaksimal mungkin bisa menggunakan hak pilihnya.

"Agar tingkat Partisifasi masyarakat akan lebih meningkat dari tahun tahun sebelumnya, meskipun tingkat partisifasi bukan ukuran untuk menang atau tidaknya Pasangan Calon Pemimpin daerah, tetapi ini adalah ukuran legitimasi kekuasaan para pemimpin yang terpilih nantinya,"

"Lebih banyak masyarakat yang memilih, lebih legitimitif sebagai pemimpin di satu wilayah." Pungkas Rusdi.

Rusdiansyah, juga mengimbau kepada masyarakat Batola bagi yang terdafdar di DPT maupun yang tidak terdaptar di DPT sebagai pemilih khusus dengan syarat ber KTP agar mengunakan hak pilihnya dan datang ke TPS untuk mengunakan hak suaranya.

"Karena dengan meningkatnya partisifasi masyarakat berarti tingkat legitimit terhadap   kepala daerah  yang terpilih nantinya akan lebih baik dan meningkat kewenangannya terhadap pemerintahan." Tutupnya...( Hafrud)



Editor : Mahdi 

0 Komentar